Sunday, June 10, 2012

Mancing siang di petong - barelang, kepulauan riau, 10 juni 2012

Trip mancing siang .
lokasi : pulau petong, barelang - kepulauan riau
Target : ikan2 karang, tenggiri, selar, gembung dan ikan sagai
Umpan : udang hidup
arsenal : rod + reel ukuran ringan - sedang, hand line ( 30lbs ), dan jangan lupa rawai
Team : rizal, vincent, achai dan dirman
Tekong : pak amin, air lingka 083191135762

dimulai dari rencana sekitar 1 minggu lalu, akhirnya kami dapat giliran juga, karena untuk mendapatkan kesempatan mancing dengan tekong yg bagus serta spot mancing yg ajib harus berebut dengan para pemancing lainnya.

perjalanan dimulai dari jam 5 pagi, dimana harus menyiapkan bekal dan yg pasti umpan, di pastikan harus memakai umpan segar yaitu udang, ada beberapa jenis udang, tapi hanya jenis udang pasir, penduduk setempat menamakan udang tersebut demikian adalah yg sangat baik untuk di jadikan umpan mancing siang, apalagi kalau didapat masih dalam keadaan hidup ( fresh ).

Rizal, sang tekong baru dari Batam
Vincent aka Shiro berpose didepan jembatan 6

setelah semua bekal dan peralatan lengkap, kami menuju ke barelang, perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam dari kota batam, cuaca sangat mendukung dan dengan semangat yg tinggi, kami akhirnya sampai dengan selamat di rumah pak amin, walau ada sedikit kekhawatiran, karena sekitar beberapa hari yg lalu salah satu  jembatan yg menghubungkan pulau galang dan galang baru rusak parah akibat di tabrak oleh kapal yg hanyut.
Jembatan 6 yang di tabrak oleh kapal lepas jangkar

Jembatan 6 dari bawah bergeser 150cm dari pondasi

setelah semua bekal di muat ke kapal ( pompong ), sekitar jam 8.30 kami mulai bergerak menuju spot awal, perjalanan memakan waktu sekitar 1 jam, target ikan karang dan ikan rawai, setelah sampai kami membuat menjadi 2 team dan tugas masing2 team, team 1 khusus mancing ikan2 rawai, sementara team 2 khusus mancing dasaran ( ikan2 karang ), ternyata cukup efektif, selain konsentrasi menjadi lebih baik dan ikan yg didapat pun sesuai dengan target, namun hampir 2 jam mancing di spot pertama ikan ketarap yg menjadi target awal belum juga dapet,,,biar menambah semangat tidak lupa kami membawa alat fish finder, lumayan ada hiburan, karena alarmnya bunyi mulu....menandakan ada ikan di bawah, memang bener sih, semenjak berlabuh rata2 strike ikan2 karang dan rawai, tidak putus2, sampai akhirnya kami putuskan untuk pindah spot yg ke 2, karena ikan sudah mulai hilang.

berharap mendapatkan kejutan lain di spot ke 2, setelah perjalanan sekitar 1 jam ternyata hasilnya tidak memuaskan, bener saja...fish finder yg tadinya berisik, udah hampir 30 menit di spot ke dua ga ada suara alias membisu, mulai pada ngantuk gara2 ga ada kegiatan akhirnya kami sepakat untuk pindah ke spot berikutnya, cukup jauh juga memakan waktu sekitar 1,5 jam,

sambil menikmati segarnya buah semangka di siang hari yg cukup panas, menambah semangat untuk fight di spot ke 3. setelah sampai di lokasi sekitar jam 14.30 seperti  biasa, tanpa tunggu aba2 langsung mancing, dan yg mambuat semangat fish finder mulai berisik lagi, namun karena target di spot 3 adalah ikan rawai ( selar, sagai, gembung ) arus laut masih lemah, ikan masih belum ganas, menurut informasi dari tekong. ikan2 mulai makan pada saat arus mulai bergerak sampai cukup kuat.

sambil menunggu arus, iseng2 mancing dasaran, ternyata cukup asik juga, dengan memakai alat pancing ukuran ringan, strike ikan2 ukuran kecil 3-4 ons terasa sangat mengasikkan, melihat rod yg melengkung habis, drag yg sedikit di kendurkan, alhasil seperti melawan ikan2 size besar.....

setelah menunggu hampir 1 jam arus mulai jalan, akhirnya dimulai pesta srike ikan selar dan sagai, walau yg naik paling banyak 2-3 ekor, namun durasinya sangat cepat, ga sampe 2 menit ikan sudah menyambar umpan kami, sampai matahari mulai tenggelam, kami putuskan untuk kembali ke pulau, karena hasil yg didapat sudah cukup banyak, serta cukup puas untuk trip kali ini, perjalanan pulang ke pulau memakan waktu 1,5 jam, sampai di rumah pak amin waktu sudah menunjukkan jam 19.00.

saatnya bagi2 ikan, biar adil dan semuanya mendapatkan hasil yg sama maka ikan2 yg kami dapet di kumpulkan, ada 5 jenis ikan yg kami dapet hari ini, selar, sagai, tamban + pelata dan campuran ikan2 karang. setelah di bagi rata ternyata hasilnya cukup banyak, rata2 sekitar 8-9kg ikan yg kami bawa pulang per orangnya....

hasil panen trip kali ini

ditunggu trip berikutnya...

posted by RIZAL_VTEC


3 comments:

Anonymous said...

boleh juga postingannya. kalo boleh tahu mas pake fishfinder merek apa?

Regards

riodejaneiro putravirgo said...

Umpan yg paling jitu selain udang hidup apa ya Gan

riodejaneiro putravirgo said...

Umpan yg paling jitu selain udang hidup apa ya Gan