Wednesday, April 29, 2009

Pancing Sotong di KTM


Belakangan ini, aku lagi gila mancing sotong. Beberapa minggu terakhir ini, cuaca memang tidak menentu. Hujan deras, angin kencang. Tetapi banyak sotong yang bisa dipancing.

Beberapa spot pancing sotong yang aku tahu sampai saat ini adalah KTM, Kabil, dan restaurant yang ada di jembatan IV. Namun yang paling nyaman dan enjoy, masih di KTM. Rata-rata setiap pulang bisa ngantongin sotong lebih kurang 2Kg dengan size yang paling besar 1Kiloan (nggak sempat difoto :p). Mancing di KTM dulu masih gratis tanpa obligasi alias mancing gak usah belanja. Tapi sekarang setiap pemancing dikenakan Rp.30.000 per orang per voucher dimana bisa diganti dengan segelas minuman tertentu.

Selasa kemarin, dapat sekitar 2.5Kg. Lumayan buat cemilan sotong goreng tepung (hehe). Sebagian hook dipancing, dan beberapa hasil candit dari para ahli candit yang telah melewati training 1 minggu.

Setelah beberapa saat terbiasa untuk mancing dan berexperiment khususnya untuk sotong, aku menilai bahwa umpan yang paling bagus adalah udang-udangan merek Daido Squid Jig Tiger yang berwarna merah. Pasang dengan timah bulat kecil (tergantung arus) sekitar 20cm dari umpan. Udang dibiarkan tenggelam sampai ke dasar dan di tarik pelan-pelan. Biasanya kalau setelah ditarik udang kita tersangkut rumput, berarti kedalamannya sudah benar. Biasanya, yang sangkut adalah sotong besar sekitar 3 - 5 ons. Kalau mancingnya float alias tidak sampai ke dasar, biasanya size sotongnya kecil dan kebanyakan adalah jenis thoraks.

0 comments: