Saturday, May 9, 2009

Sotong bulan terang...lagi

Hari Kamis dan Jumat, berangkat lagi pancing untuk mengetes mitos nyumi dibulan terang.

Kamis, 7 Mei 2009
Hari pertama, karena banyak urusan di kantor, kami berangkat agak terlambat. Biasanya sih sekitar jam 4an siang sudah sampai di lokasi, dan hari ini, tiba pada pukul 19an. Bersama dengan rombongan kami, ada teman baru yang k. utemui di toko Lautan Pancing, Bengkong, Ahua namanya. Penasaran karena selama ini tidak pernah dapat kalau nyumi, jadi janjianlah untuk ketemu di lokasi. Di lokasi, sudah berkumpul sekitar 6 penyumi yang pada akhirnya membawa pulang sekitar 3kiloan sotong and thoraks. Setelah semua persiapan selesai dan sempat berbagi sedikit ilmu nyumi, kami pun mulai bertempur. Khusus untuk malam ini, saya memakai squid jig Hemingway size 3.0 warna merah kilat. Begitu dilempar, langsung disambar sama sotong sepanjang sejengkal. Teman nyumi baru kita, Ahua, setelah beberapa kali mencoba, bisa menjaring 4 ekor sotong dengan size lumayan. Total tangkapan malam ini agak mengecewakan. Dengan hasil cuman lebih kurang 1Kg, dan 1 ekor ikan cucut kecil...kami pun berhenti sekitar jam 11an, karena arus air mulai kencang dan mancing seperti main layangan. dengan hati lumayan dongkol, kami berencana untuk kembali lagi besok malam.

Jumat, 8 Mei 2009
Hari kedua, karena kesal, bermaksud untuk balas dendam, kami ke lokasi lebih awal, sekitar jam 4an. Dan seperti biasa, ritual dimulai dengan memancing ikan kecil untuk umpan dengan sabiki size 4. Sialnya, tidak kena seekorpun. Tak seberapa lama, teman kita, Ahua, datang menyapa. Kayaknya, terkena racun cumi juga teman kita satu ini, hehe. Rupanya dia mendengar bahwa kita mau balas dendam dan datang lebih awal.

Pendek kata, dengan our trusted squid jig, daido merah, sotong-sotong pun pada kena tipu ama udang bohongan. Memang waktu yang paling ideal adalah saat langit menjelang gelap, dan air mulai pasang. Ahua bawa teman 1 orang yang betul-betul newbie soal nyumi. Karena semalam berhasil membawa beberapa ekor, maka dengan semangat 45 diapun mulai beraksi dan memberi pointers ke teman barunya. Saya sempat berkomentar bahwa justru newbie yang akan lebih cepat strike dan dapat paling banyak. Ternyata, memang banyak juga sotong yang ditarik naik sama fresh cuminos ini. Mungkin ada sekitar 7-8 ekor sotong sedang dan besar.

Sekitar jam 9an, air mulai surut dan arus kuat. Huangyu alias YuCe, salah satu contributor dari BatamFish ikut bergabung. Dengan modal umpan ikan srinding 5 ekor, pancing pun dipasang. Setelah sekitar 1/2 jam, dengan waktu yang berbarengan, daido saya ditarik sotong batu dan tusuk ikan YuCe ditarik oleh thoraks. Dengan hati riang gembira, permainan pun dilanjutkan. Hmm....setelah mencoba dan mencoba selama 1jam-an, no more happy faces. Joran disimpan dan tinggal tusuk ikan yang dipakai. Tak lama, ada tarikan !!! Joran digulung, dan yang naik, ternyata yang makan ikan sejenis kerapu (mungkin) yang hanya tinggal kepala dan separuh badan, dengan potongan yang sangat rapi seperti dipotong dengan pisau. kami semuapun menebak-nebak, bahwa mungkin sewaktu strike, ikan tersebut disambar lagi oleh hiu yang memang seri mangkal di KTM.