Tuesday, May 5, 2009

Sotong bulan terang

Hari ini, kita (aku n kalvin) membuat percobaan untuk melihat apakah langit dengan bulan terang benderang bisa mempengaruhi hasil pancingan. Mulai berangkat ke KTM pukul 15.30 dan acara dimulai dengan mencari ikan-ikan kecil dengan sabiki no.4. Hasil yang didapat, beberapa ikan selar kecil yang bisa digunakan sebagai umpan.

Mulai bosan dengan ikan kecil, langit sudah mulai gelap sekitar jam 17.45 dan air sudah mulai bergerak pasang. Pancingan yang sudah disiapkan mulai beraksi. Butuh waktu sekitar 1/2 jam sampai sotong pertama strike dijoran Kalvin. Lumayan gede, sekitar 7ons. Setelah itu, semua sotong-sotong dalam size bervariasi mulai bermunculan. Selama percobaan, aku banyak mengganti squid jig berbagai warna, merek, dan size. Bukannya bermaksud untuk promosi, ternyata memang tetap Daido yang lebih banyak strike. Yang saya pakai, Daido warna orange size 3.0 dan Kalvin, Daido warna merah size 3.0. Tampaknya, malam ini size 3.0 lebih menghasilkan dibanding size 2.5. Size sotongnya pun lumayan gede.

Sampai jam 11 malam, setelah menghitung, menimbang dan photo2 terakhir, hasilnya ternyata tidak mengecewakan. Dengan total 29 ekor sotong and thoraks, bobot total 3.6 Kg. Arus air mulai surut dan kencang, dan kami2 pun mulai berkemas untuk pulang.


Kesimpulan:
1. Kualitas air dan arus lebih berpengaruh daripada ada atau tidaknya bulan.
2. Daido murah meriah. Dan size 3.0 lebih mengundang dan strike dari sotong besar lebih memungkinkan.
3. Merek lain bisa dipakai asalkan warnanya merah, pink atau orange. Lebih bagus yang ada stripes hitam seperti corak harimau, dan kalau ada, yang diperutnya agak mengkilat seperti sticker hologram.

0 comments: