Monday, May 4, 2009

Teknik Squid Jigging / Eging

The following was translated from fishing.net.nz. handlinefishing.com. Please visit the site for details in english.

1.Tarikan Konstan

Kegunaan: air dangkal / permukaan, sepanjang bibir pantai

Cara ini adalah yang termudah dengan hasil yang lumayan. Jig dilempar dan digulung secara konstan. Pastikan jig diberi waktu yang secukupnya untuk mencapai kedalaman yang disukai baru digulung. Perhatikan jig seaktu digulung karena sering kali sotong mengikuti jig tetapi tidak memakannya.

2.Tarik dan berhenti

Kegunaan: di bawah permukaan, sepanjang bibir pantai

Cara ini hampir sama dengan tarikan konstan, kecuali ada interval diantaranya. Ini akan mengakbatkan jig bergerak vertikal. Cara ini bisa diselingi dengan cara pertama di atas apabila sotong tidak mau memakan jig kita. Cara ini membutuhkan air yang lebih dalam supaya dapat diselingi interval diam, dan juga berhati-hati sewaktu jig jatuh ke dasar laut karena resiko tersangkut.

3.Umpan dalam

Keguaan: Untuk mencapai dasar dari laut yang lebih dalam, seperti pelabuhan maupun laut lepas. Juga untuk membantu supaya jig bisa tenggelam sewaktu arus kencang dan berangin.

Menggunakan cara ini membutuhkan pemberat untuk menenggelamkan jig kita ke dasar laut. Timah dipasang sekitar 30cm dari jig dan dibiarkan sampai ke dasar dengan pelan. terlalu cepat akan mengakibatkan jig tergulung oleh line kita.

Timah akan mencapai dasar dahulu, jadi kita mempunyai waktu untuk menyentaknya sebelum tersangkut.

Untuk saya pribadi lebih suka dengan cara ke-3, dengan memberi timah bulat pada jarak 20cm dari squid jig dan membiarkannya lebih lama di dasar sebelum disentak. Untuk supaya tidak tersangkut rumput maupun batu, usahakan terlebih dahulu mengetahui kondisi dasar laut tempat kita memancing dan pastikan tali pancing yang kita gunakan cukup kuat untuk melepaskan squid jig dari bahaya..hehe..biasanya kalo tersangkut dengan posisi agak vertikal (ketika memancing di atas pelabuhan), kita bisa mengikat kantong plastik yang diisi batu ke tali pancing dan biarkan sampai ke dasar baru disentak beberapa kali. Biasanya....bisa lepas...
(for me, I prefer technique no.3, with round weight tied around 20cm form the jig and let it sink to the bottom for a while before jerking it. For protecting your squid jig from hooking the sea weed or rock, you first have to learn the condition in the bottom, and be sure to use a proper line that is strong enough for us to free the jig from it. When fished vertically, I usually tied the line with a plastic bag with some stone in it and let it sink to the bottom and jerk a few times. Usually, it will help to release it)

Berikut beberapa klip yang dapat bermanfaat buat sotong mania:
(following, some clips from youtube for squid mania)
http://www.geocities.jp/tjf_japan/movie/igth-large.mpg

(@fishing.net.nz. handlinefishing.com)

0 comments: